peluang usaha

Rabu, 03 Maret 2010

Cara Gampang Cari Backlink

Cara Gampang Cari Backlink
The following search terms have been highlighted: mencari uang di internet ptc cossa aranda

Sebagus apapun situs Anda, tanpa backlink (atau ada yg menyebutnya link back) ia bagaikan sebuah rumah kecil di tengah danau luas yg berisi ikan2 piranha ganas. Mungkin ilustrasinya terlalu berlebihan, tapi intinya, backlink bagaikan jalan yg menghubungkan situs Anda dengan pengguna internet. Tanpa backlink, jangankan pengunjung, crawler mesin pencari, yg bisa Anda bayangkan sebagai angkot, juga gak mungkin mampir.

Berpindah dari rumah terpencil, sekarang bayangkan sebuah pusat perbelanjaan yg besar, megah, dan banyak dikunjungi orang. Tempat2 seperti itu pasti memiliki fasilitas transportasi yg memadai, termasuk banyaknya jalan alternatif menuju lokasi. Gak mungkin kan ada developer yg membangun sebuah mall di tempat yg susah diakses? Nah, jika kembali pada analogi backlink di awal, maka agar situs kita ramai dikunjungi orang, kita harus punya banyak backlink. Selain itu, semakin banyak backlink, semakin populer lah situs kita (ingat PageRank milik Google).

Lalu bagaimana cara menciptakan backlink?
Untuk mereka yg sudah mempunyai banyak situs tentunya bukan hal yg sulit. Cukup beri tautan ke situs yg diinginkan dari situs2 yg lain. Beres.
Cara lain adalah dengan membeli atau menyewa link dari situs lain. Menggunakan Text-Link-Ads (ref) atau AdBrite (ref) misalnya. Tentu saja, cara ini butuh dana yg tidak sedikit. Tapi biasanya, hasil yg diperoleh sebanding dengan biaya yg dikeluarkan.

Di sisi lain, cara yg lebih ekonomis adalah bertukar link (istilah kerennya: link exchange) dengan situs milik teman kita. Sukur2 kalo punya banyak teman yg mau berbaik hati untuk bertukar tautan. Hanya jangan lupa, usahakan untuk bertukar dengan situs2 yg bertopik sejenis dengan situs Anda.
Nah, bagaimana jika Anda termasuk golongan yg (a) baru punya satu atau sedikit situs web; (b) tidak punya dana untuk membeli atau menyewa link; dan (c) tidak punya teman untuk bertukar link ?

Solusi yg paling baik adalah memanfaatkan layanan link exchange dari pihak ketiga. Banyak situs2 di internet yg menawarkan jasa link exchange ini secara gratis, tapi yg harus diperhatikan, tidak semuanya efektif dalam memberikan backlink. Bahkan, terus terang dulu saya tidak mempercayai satu pun layanan2 tersebut, sampai akhirnya sejak beberapa waktu lalu mencoba sendiri dan menikmati hasilnya.
Salah satu layanan link exchange yg telah terbukti berhasil mendatangkan backlink adalah Co-Op Advertising Network milik DigitalPoint. Secara singkat, konsepnya adalah kita mendapat 1 poin untuk setiap satu link (milik member lain) yg ditampilkan di situs kita. Semakin banyak link yg tampil, dan semakin sering link tersebut ditampilkan, semakin banyak pula poin yg kita peroleh. Nah poin ini merupakan jatah berapa kali link situs kita ditampilkan di situs member lain.

Berikut ini langkah2 untuk bergabung dan menggunakan jasa tersebut.
Masuk ke situs Co-Op Advertising Network (ref) dan buatlah account di sana.
Masukkan data situs yg ingin Anda beri backlink dan klik Submit. Perhatikan contohnya pada gambar di bawah ini:

Klik menu Setup Instruction dan ubah nilai pada form menjadi seperti pada gambar berikut.

Pada kolom Separated Ads With, ubah
menjadi & nbsp;& nbsp;|& nbsp;& nbsp; (hapus spasinya) jika ingin menampilkan daftar link secara horisontal.
Selanjutnya, ikuti instruksi2 yg diberikan, termasuk untuk membuat file di server dan menambahkan kode Link Exchange ke dalam situs kita.
Jika sudah, tekan tombol Back untuk kembali ke halaman utama Co-Op Advertising Network. Lihat bagian bawah. Pada tabel, klik pilihan Enable pada kolom situs Anda.
Jika di bagian atas ada link untuk melakukan validate, tekan juga link tersebut untuk mem-validasi dan mengaktifkan account Anda.
Selesai :)

Langkah2 di atas mungkin agak membingungkan apabila hanya dibaca. Saran saya, bacalah sembari mencobanya langsung.
Salah satu situs saya, dengan menggunakan layanan ini selama seminggu, telah berhasil mengumpulkan backlink sebanyak 8000 buah! Cukup efektif dan praktis kan? :)
Layanan link exchange lain yg telah terbukti hasilnya:
ReceiveLinks (ref)
Selamat mencoba :)
PS:
(1) Gambar diambil dari http://www.lake-macquarie.com/_images/16.jpg
(2) Gara2 nulis artikel ini jadi dapet ide untuk nulis artikel Istilah2 SEO, hehehehe.
Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 31 January 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.


0 komentar:

ViralGen Referral Shopping

r>

 

Postingan terbaru

Bisnis Lancar Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template