peluang usaha

Jumat, 23 Oktober 2009

Kenapa kita punya blog???

Saat ini, bila suatu lembaga organisasi atau perusahaan memiliki situs di dunia maya, bukanlah yang yang istimewa. Bahkan “lucu” bila ada perusahaan yang ngaku berwawasan global dan modern tapi belum mempunyai situs, walaupun kadang kala tampilan situs yang ada tidak pernah di-update dan isinya sama saja sejak pertama kali launching.


Sekarang ini, selain situs yang dimiliki korporat, ada kecenderungan muncul berbagai situs pribadi atau yang sudah kita kenal dengan blog di internet. Mulai dari yang hanya terdiri dari satu atau dua artikel sampai yang mengandung banyak halaman ditambah link kemana-mana dan sarat dengan gambar dan file-file multimedia ber”bobot” (sehingga butuh waktu bermenit-menit untuk menampilkannya).

Menyikapi menjamurnya banyak blog di internet, lalu muncul suatu pertanyaan. Mengapa seseorang memiliki blog? Menurut pengamatan saya, setidaknya ada beberapa alasan mengapa seseorang menganggap dirinya perlu memiliki blog.

Alasan yang pertama adalah sekedar untuk “mejeng”. Pemilik blog ini beranggapan bahwa dengan memajang profil serta foto dirinya di internet, ia akan menjadi populer; walaupun seringkali yang mengakses blognya tidak lain adalah pemiliknya sendiri . Mengapa ia (pemilik blog) merasa perlu memperkenalkan diri, juga ada beberapa sebab, antara lain : untuk “menjual diri” (biasanya dilengkapi CV, jadi ia berharap akan ada orang atau perusahaan yang tertarik untuk mempekerjakannya).

Alasan kedua adalah untuk memasarkan produk dan/atau jasa yang dimiliki oleh pemilik blog tersebut. Blog ini biasanya dimiliki oleh para web designer atau web depeloper yang ingin menampilkan kebolehannya secara online, jadi bila ada perusahaan yang ingin “memasang” web-nya di dunia maya dapat langsung memperhatikan kepiawaiannya sang web designer di layar monitornya. Bila oke, bisa saja langsung di kontak atau nego. Blog ini, mungkin juga dimiliki oleh seorang perantara antara produsen (pengusaha UKM) dengan konsumen.

Selain itu, blog jenis ini juga dimiliki oleh penyanyi atau artis, jadi situsnya dipakai sebagai sarana untuk mempromosikan album atau lagu terbarunya, atau menyediakan file-file MP3 dari album lawasnya. Blog tipe ini biasanya sangat menarik tampilannya, karena desain dan pengembangannya “diserahkan” kepada orang yang profesional di bidangnya. Kedua jenis blog di atas, karena memang dirancang untuk tujuan komersial, biasanya mempunyai nama blog http://www.namaorang.com

Alasan berikutnya adalah untuk menyalurkan hobi dan talentanya. Blog ini dimiliki oleh siswa atau mahasiswa yang gemar “ngoprek” dan selalu ingin meng-upgrade kemampuannya. Blog ini dibuat dengan “semangat empat-lima” oleh pemiliknya dan hasilnya bisa jadi amatiran atau mungkin juga menyamai kelas pro.

Yang juga menjadi alasan pembuat blog adalah untuk mengumpulkan berbagai link yang berhubungan dengan kepentingannya sendiri atau kelompok. Ini, bisa saja dimiliki oleh mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir dan banyak menggunakan referensi dari situs-situs jurna atau institusi pendidikan di dalam atau luar negeri. Jadi, bila ia ingin mendapatkan rujukan terbaru, tidak perlu mengetik nama situs, tetapi cukup dengan mengklik tombol mouse-nya.

Berbeda dengan dua jenis blog pertama, dua tipe blog yang terakhir umumnya menggunakan web server gratisan. Sebagaimana diketahui, ada beberapa web server gratisan yang bisa ditumpangi seperti blogspot, wordpress, tripod, multiply, geocities, blogdetik dan lain-lain.

Alasan lainnya adalah untuk me-monetizing (tulisannya bener gak ya ???) atau menjadikan blog sebagai sumber penghasilan entah itu dari advertising seperti PPC, Adsense, dan program-program penghasil uang lainnya yang mengsyaratkan seseorang untuk memiliki sebuah blog untuk dapat mengikutinya.

Blog tipe ini tidak mengharuskan untuk memiliki web server sendiri karena tak jarang bahkan banyak sekali blog-blog yang berplatform gratisan pun bisa menghasilkan sumber penghasilan. Lalu apa sich alasan BlogCikalTM sendiri dibuat?

Kalo BlogCikalTM ini sich sesuai dengan tagline-nya “blogging for enjoy” jadi kalo ada kesempatan untuk di monetizing ya enjoy aja… walaupun trafficnya naik turun ya enjoy aja… mau alexa ranknya gak naik-naik enjoy aja lagi…

Nah… bagaimana dengan Anda? Apa alasan Anda memiliki atau membuat sebuah blog? Silahkan isi komentarnya ya ada hadiah menarik (Komentar yang menarik dan bermanfaat akan mendapatkan pahala dari Allah Swt. Amin)


1 komentar:

Dunia Komputer on 25 Oktober 2009 pukul 04.10 mengatakan...

Nice post sob! BTW, link-ku yang ada di blogroll salah tuh! Mohon diperbaiki. Thanks!

ViralGen Referral Shopping

r>

 

Postingan terbaru

Bisnis Lancar Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template