peluang usaha

Jumat, 29 Januari 2010

siapa pengunjung/tamu terbaik web anda

Kali ini saya ingin “berbicara” tentang siapa pengunjung/tamu terbaik web anda. Dan ini khusus untuk yang memiliki web/blog atau ingin memilikinya.

Pada dasarnya ada 3 jenis utama pengunjung sebuah web atau blog. Apa saja dan mana yang terbaik untuk anda? saya coba paparkan sedikit (maklum saya nggak punya banyak…)

Jenis Pertama: Pengunjung yang berasal dari search engine.

Jika situs web anda terindex oleh search engine (yang paling terkenal adalah Google, Yahoo dan MSN) untuk kata kunci tertentu, maka ketika pengunjung search engine mencari informasi dengan kata kunci tersebut, maka dia akan menemukan website anda. Tentu saja dengan syarat blog anda tercantum pada halaman-halaman awal pada hasil pencarian di search engine.

Jika dia melakukan klik terhadap link ke website anda, maka dia akan akan menjadi pengunjung anda yang berasal dari search engine. Untuk hal ini yang paling diperlukan adalah SEO (Search Engine Optimization)

Jenis Kedua: Pengunjung yang berasal dari website lain.

Jika sebuah website memasang link yang menuju ke website anda, maka ketika seseorang melakukan klik terhadap link tersebut, maka dia akan menjadi pengunjung website anda.

Link seperti ini bisa anda dapatkan dengan mensubmit web anda ke situs-situs “web directory” atau anda melakukan pertukaran link dengan pemilik web tersebut, bahkan bisa juga karena pemilik web tersebut bermurah hati memberikan link ke website anda. Dan bisa juga jika anda membayar pemilik website untuk memasang link ke website anda di situs mereka.

Jenis Ketiga: Pengunjung setia.

Pengunjung dari jenis pertama dan kedua diatas bisa menjadi pengunjung setia anda (biasa juga disebut return visitor) jika dia tertarik dengan isi website anda. Misalnya dia merasa isi web anda bermanfaat buat dia. Untuk mendapatkan pengunjung setia yang banyak, maka yang harus anda lakukan adalah membuat isi web yang bermanfaat bagi pengunjung dan rajin melakukan update informasi terhadap website anda.

PENGUNJUNG MANAKAH YANG PALING BAIK?

Jika pertanyaannya adalah pengunjung jenis mana yang terbaik, maka tentu saja tergantung tujuan dari website anda.

Jika web anda adalah bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense atau program sejenis, maka pengunjung jenis pertama kemudian penginjung jenis yang kedua.

Untuk pengunjung jenis ketiga, ini tidak sebaik jenis pertama dan kedua untuk web yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense. karena pengunjung setia umumnya tidak begitu peduli dengan iklan adsense yang ada di web anda, dan mereka lebih fokus ke isi dari web anda.

Pengunjung jenis ketiga lebih berguna jika web anda memiliki sumber penghasilan utama dari program affiliasi atau reseller. Para pengunjung setia cenderung lebih memiliki kepercayaan terhadap kredibilitas anda dibanding pengunjung jenis pertama dan kedua.

MANAKAH YANG HARUS ANDA UTAMAKAN?

Apapun jenis web anda, dan apapun tujuan anda membangun web, maka anda anda tetap perlu bekerja untuk mendapatkan pengunjung jenis pertama atau kedua. Karena, seandainya anda lebih memilih pengunjung jenis ketiga, anda tetap harus memiliki dulu pengunjung jenis pertama dan atau kedua yang merupakan “cikal bakal” pengunjung jenis ketiga.

Yuk… “kumpulkan” pengunjung jenis pertama dan kedua sebanyak-banyaknya.

0 komentar:

ViralGen Referral Shopping

r>

 

Postingan terbaru

Bisnis Lancar Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template