peluang usaha

Selasa, 19 Januari 2010

kunci sukses dalam bisnis online

SUKSES sebuah kata sederhana yang sering kita ucapkan bahkan sering kita jadikan pemacu semangat dalam segala hal, tapi sebenarnya apa makna kesuksesan itu? sudahkah kita memberikan makna kesuksesan itu lebih dalam?

kunci sukses

Kesuksesan selalu diidentikkan dengan materi dan kekayaan, orang dikatakan sukses jika telah mendapatkan materi dan kekayaan pada level tertentu. Padahal tidak demikian hakikatnya? sukses itu relatif, artinya dilihat dari segi manakah kita menilainya. Dari pencapai kesuksesan itu, dari standar pencapaiannya, atau dari sudut pandang yang lain.


Beberapa waktu yang lalu tetangga dekat rumah saya pulang dari merantau diJakarta, konon kabarnya dia menjadi bos pedagang bakso keliling, ketika pulang kampung dia sudah mengendarai mobil, rumahnya besar dan bagus, dan dari cerita orang tabungannya sudah lebih dari cukup. Banyak orang membicarakan dia, orang sekampung setuju untuk mengatakan dia telah sukses dalam pekerjaannya. Nah…dari contoh sederhana ini pandangan masyarakat selama ini jelas mengatakan bahwa sukses itu kaya, kaya itu banyak materi, padahal seberapa besar standar orang dikatakan kaya, sampai saat ini pun belum jelas. Mungkin bagi orang desa memiliki mobil dikatakan kaya, tapi bagi orang kota mobil adalah kebutuhan pokok untuk mobilitas mereka, jadi punya mobil belum tentu kaya .


Ini baru sedikit pandangan kaya berdasarkan materi, lebih jauh lagi sebenarnya yang dimaksud kaya itu bukan hanya dilihat dari segi materi kan? mungkin juga kaya ilmu, kaya hati, atau kaya – kaya yang lain. Salah satu contoh kaya hati adalah bisa tidaknya kita bersyukur terhadap apa yang diberikan Allah. Akan tetapi jika seseoang yang kaya ilmu atau kaya hati, dalam pandangan miring masyarakat tidak disebut kaya.


Kembali kepada kesuksesan, pandangan keliru tentang kesuksesan menganggap bahwa sukses itu adalah tujuan, sebenarnya tidak demikian adanya. Sukses itu merupakan suatu perjalanan menuju sasaran hidup yang dikehendakinya dan bermanfaat baik bagi dirinya dan orang lain. Jadi jelaslah sekarang bahwa kesuksesan itu bersifat relatif dan tidak hanya berpusat pada materi, karena tujuan itu tidak harus memperoleh materi, sasaran hidup juga bukan hanya materi. Ada segi-segi lain dimana materi bukan menjadi nomor satu, tapi juga tidak munafik kita memang perlu materi. Bagi anak SD kelas satu berhasil menulis sebuah kata adalah sebuah kesuksesan, tapi tidak bagi anak kelas dua SD. Mungkin anak kelas dua SD bisa merangkai kalimat itu kesuksesan bagi mereka, tapi tidak bagi anak kelas tiga SD dan begitu seterusnya. Jadi intinya sukses itu relatif dan merupakan proses atau perjalanan bukan destinasi atau tujuan.

Lebih lanjut lagi mari kita simak pendapat John C Maxwell, dalam bukunya ia merumuskan untuk menjadi orang sukses itu harus REAL.

1. Relationship atau hubungan, yakni kemampuan seseorang dalam menjalin hubungan dan bergaul dengan orang lain.

2. Equipping atau melengkapi, maksudnya seberapa besar impian yang anda miliki, anda harus mencapainya dengan bantuan dan dukungan orang lain.

3. Attitude atau sikap, sikap ini menentukan bagaimana seseorang memandang kehidupan setiap harinya yang akan menentukan kesuksesannya.

4. Leadership, atau kepemimpinan, yakni faktor ketrampilan diri dalam memimpin untuk menjalani hidup secara efektif.

Dalam hubungannnya dengan blogging, apa yang bisa kita ambi dari pendapat Maxwell ini?


* Hubungan,untuk menjadi seorang blogger yang berkualitas kita harus menjalin hubungan dengan blogger lain, pupuk tali silaturahmi, jangan malas untuk blogwalking, karena mungkin kita akan mendapatkan ilmu diartikel teman yang saat ini belum kita ketahui

* Saling melengkapi, kita adalah manusia biasa, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak semua hal kita ketahui, maka hendaknya kita saling melengkapi. Nah jalinlah kerjasama sesama blogger untuk saling melengkapi.

* Sikap, sebagai seorang blogger kita hendaknya bersikap arif dan bijaksana. Tunjukan sikap anda sebagai blogger yang profesional, berikan penghargaan pada hasil karya teman sesama blogger, dengan memberikan komentar yang bermanfaat jangan hanya kejar setoran untuk mendapatkan backlink saja. Ingat jika kita mau menghargai orang insyallah kita juga akan dihargai orang. Jika ingin artikel kita dibaca orang maka jangan malas untuk membaca artikel orang.

* Kepemimpinan, Blog ini ibaratkan perusahaan kita, kita adalah direktur utamanya, kita adalah tehnisi, kita adalah karyawan dan mungkin kita adalah tukang sapunya, maka tempatkanlah kita pada posisi memimpin, ya paling tidak kita harus berdisiplin diri sebagai salah satu upaya untuk memimpin diri.

Nah kembali kepada pertanyaan awal sudah suksesah kita dalam ngeblog?

Jawablah dengan pasti iya, walau mungkin anda (termasuk saya) belum mendapatkan apapun yang sesuai keinginan kita, tetapi disalah satu sisi kita telah sukses, ingat sukses adalah sebuah proses, dan perjalanan bukan hasil akhir.

Mungkin saat ini kita hanya bisa menulis artikel sederhana saja, ya…anda telah SUKSES!

Mungkin saat ini kita hanya bisa belajar tentang dasar-dasar worpress saja, ya kita telah SUKSES

Mungkin saat ini hanya bisa menjadi reseller dan belum punya produk untuk dijual, yakinlah kita telah SUKSES

dan jika nanti kita benar-benar telah mendapatkan hasil itu pun juga disebut kesuksesan, tetapi perlu diingat jangan sampai kita terlena dengan hasil sementara ini. Karena kesuksesan itu adalah proses dan tidak pernah berakhir. Kita akan sukses jika kita dapat mengenali diri kita

0 komentar:

ViralGen Referral Shopping

r>

 

Postingan terbaru

Bisnis Lancar Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template