peluang usaha

Jumat, 04 Desember 2009

6 macam SCAM atau penipuan bisnis online

Bagi para pelaku bisnis online tentu sudah tidak asing lagi dengan kata SCAM atau penipuan melalui internet. Inti dari penipuan ini adalah menyerang salah satu sisi psikologis manusia, yaitu “ingin sesuatu yang lebih” baik itu lebih banyak, lebih murah, lebih gampang, lebih baik, lebih hebat, dan masih banyak lagi sehingga para scammer selalu mengiming-imingi sesuatu yang lebih.

Ada beberapa macam SCAM di dunia internet yang harus anda pelajari sehingga anda tidak akan menjadi korban. Tujuan dari SCAM inipun bervariasi, mulai dari urusan duit hingga yang paling kejam yaitu tujuan “Fitnah”.

Kali ini saya akan membahas 6 macam SCAM atau penipuan yang paling sering dilakukan di internet, dan mungkin anda juga pernah menjadi ataupun hampir menjadi korban mereka. Korban bukanlah orang yang bodoh, melainkan orang normal yang menginginkan lebih.

1. Phising

Phising adalah tindakan mencuri data diri / biodata anda, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat anda hingga nomor KTP anda. Tujuan dari phising ini adalah untuk mengakses rekening bank anda, ataupun untuk menyampaikan pesan yang bersifat fitnah menggunakan jati diri korban.

Phising biasanya selalu berdampingan dengan SPAM, dengan arti SPAMMER melancarkan serangan ke ribuan hingga jutaan calon korban melalui e-mail maupun telepon yang mengaku sebagai pegawai asuransi, petugas bank, dan berbagai pihak yang menurut korban berhak untuk meminta segala data diri anda.

Beberapa contoh dari Phising ini antara lain Phising Facebook ID, Account Paypal, Liberty Reserve, Ebay.

Cara mencegah agar anda tidak menjadi korban Phising sebagai berikut:

- Berhati-hatilah terhadap email asing, apabila email tersebut menyerukan anda untuk mengunjungi sebuah link yang berisi form login, jangan pikir panjang, langsung close.

- Jangan gunakan password general, dalam arti seluruh account online anda menggunakan sebuah password atau password menggunakan kata yang mudah (nama anda, tanggal lahir anda, nama anak anda)

- Jika ingin melakukan login ke situs apapun seperti Paypal, Ebay, Facebook, sebaiknya langsung mengunjungi web mereka dengan cara mengetik alamat URL pada web browser dan jangan melalui pihak ketiga, misalnya E-Mail, via Chat, dll.

2. EBAY SCAM

Ebay SCAM ini mencoba untuk menjual barang dengan harga yang jauh dibawah pasar sehingga orang tertarik untuk membeli tanpa harus berpikir panjang. Biasanya barang yang dijual memiliki harga di atas $1,000 seperti TV Plasma, LCD, Spare Part Motor dan Mobil dan lain sebagainya.

Setelah korban melakukan transaksi dan proses pembayaran telah selesai, biasanya barang yang dikirim adalah barang palsu atau bahkan barang rusak atau yang lebih parah lagi, tidak mengirim apapun.

Cara menghindari EBAY SCAM:

- Cobalah bandingkan harga barang yang ingin anda beli dengan berbagai sumber yang dapat dipercaya, apabila beda harga terlalu mencolok sebaiknya langsung dihindari

- Periksa kelengkapan dokumen legalitas dan lihatlah testimonial

- Cobalah untuk selalu menelpon mereka, apabila tidak mempunyai contact phone langsung ignore saja

Namun ingat, ada beberapa hal yang lebih berbahaya, yaitu seorang SPAMMER yang berhasil mendapatkan account EBAY yang sangat dipercaya (Powerseller). Apabila anda ingin bertransaksi dalam jumlah yang besar sebaiknya bertemu langsung atau datangi tempat usahanya.

3. Nigeria Letter

Sebagian besar jenis penipuan ini berasal dari Nigeria, sehingga disebut sebagai Nigeria Letter. Anda mungkin pernah mendapatkan sebuah E-Mail yang sangat mengejutkan berisi tentang ajakan untuk membantu dalam pencucian uang, dimana anda akan dilibatkan dan diberi komisi dengan nilai yang sungguh luar biasa, atau seorang pengacara yang memegang harta clientnya yang telah tewas sekeluarga sehingga bingung harta warisannya akan jatuh ke tangan anda.

Kesamaan dari jenis penipuan ini adalah keharusan anda membayar pajak terlebih dahulu sebesar beberapa persen dari nilai yang akan anda dapatkan, ketika pajak anda bayar, mereka akan hilang bersama uang anda.

Beberapa hal yang harus anda hindari:

- Apabila mendapatkan E-Mail yang isinya bercerita tentang hal-hal seperti di atas, sebaiknya langsung di hapus tanpa follow up.

- Apabila menemukan adanya kata-kata seperti Bank of Africa, African Development Bank, atau apapun yang berhubungan dengan Bank yang berasal dari negara apapun di Africa langsung saja di hapus. Karena saya yakin anda tidak ada transaksi atau deal apapun dengan orang Africa .

- Jika anda disuruh untuk mentransfer sejumlah uang untuk alasan apapun walaupun dapat dibuktikan dengan gambar dan data yang lengkap, janganlah tertipu, ini hanya tipuan.

4. Online Lottery

Online Lottery dan Nigeria Letter mempunyai skema yang sama dengan trik yang sama pula namun dengan chase yang berbeda. Untuk Online Lottery anda dibuat tergiur bukan karena harta warisan, tetapi oleh uang dari menang Lottery yang tidak pernah anda ikuti sama sekali.

5. Ponzi Scheme

Ponzi adalah nama orang yang menerapkan skema ini. Ini adalah skema penipuan terstruktur namun pasti akan ketahuan. Salah satu Pelaku Ponzi terbesar yang terbuka kedoknya abad ini adalah Bernard Madoff yang telah berhasil menipu sebesar $40 Milyar atau 400 Trilyun Rupiah.

Skema dari Ponzi adalah, menawarkan sebuah program investasi dengan bunga / Return of Investment yang menggiurkan, dan anda akan mendapatkan hasil dari korban berikutnya. Ketika sudah tidak anda member baru / korban baru, maka jenis penipuan ini akan terungkap.

Untuk menghindari hal ini sangatlah sulit, karena sebuah perusahaan yang memiliki dokumen legal pun tetap melakukan penipuan ini.

6. HYIP

HYIP atau High Yield Investment Program, adalah salah satu jenis program yang menggunakan skema Ponzi. 90% dari HYIP adalah bohong dan 10% sisanya menunggu antrian untuk dicap sebagai pembohong, mengapa? Bos HYIP biasanya menggunakan modal yang besar untuk mendapatkan dana yang besar pula. Mereka rela membayar member mereka selama beberapa tahun untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon investor, sehingga investor yang tidak berhati-hati akan langsung melakukan investasi secara besar-besaran.


2 komentar:

Aymen on 7 Desember 2009 16.29 mengatakan...

This is really a nice post. Obviously, you are putting a lot of hard work on your blog. I'm sure I'd come back here more often. You can also visit my site about home based business. - Aymen of Arbitrage Conspiracy.

anang on 1 Desember 2011 18.48 mengatakan...

salam.
dari pada bisnis banyak penipuan, mendingan freelance online.

disini http://www.excenza.com/?id=anangn

ViralGen Referral Shopping

r>

 

Postingan terbaru

Bisnis Lancar Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template