peluang usaha

Jumat, 13 Januari 2012

5 Faktor Kunci Sukses Menjalankan Bisnis

5 Faktor Kunci Sukses Menjalankan Bisnis

Setiap pelaku bisnis, baik bisnis dalam skala mikro, kecil, menengah dan besar tentu memiliki tujuan untuk sukses atau berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Sukses sering disebut sebagai keadaan di mana segala persiapan dan peluang bertemu. Pertanyaanya, bagaimana pelaku bisnis mendefinisikan dan mengukur sukses? Bagaimana kita tahu bahwa bisnis kita sukses?

Bagian penting dari perencanaan bisnis adalah mengetahui beberapa kunci penting yang dapat dipergunakan sebagai pertanda bahwa kita sudah meraih tujuan kita. Hal itu disebut faktor kunci sukses (key success factors), yaitu indikator atau pertanda untuk mengukur pencapaian bisnis kita yang dapat kita pergunakan untuk menentukan bagaimana kemajuan kita dalam mewujudkan sasaran dan tujuan bisnis kita.

Tanpa menentukan faktor kunci sukses, kita berisiko untuk membuat perubahan arah yang mahal pada saat tujuan bisnis kita tidak sesuai dengan kesuksesan bisnis kita. Kita sebaiknya duduk dan memikirkan apa yang paling kita butuhkan untuk mewujudkan bisnis impian kita sukses.


Proses menentukan faktor kunnci sukses tidak perlu sulit atau memusingkan. Kita cukup bertanya: "Apakah hal-hal kunci yang apabila kita lakukan akan memastikan bahwa bisnis kita sukses?" Lalu, isilah ruang kosong dalam pertanyaan ini: "Jika saya ________________________ maka saya akan sukses".


Jab B. King dalam bukunya "Business Plans to Game Plans: A Practical System for Turning Strategies into Actions" menawarkan 5 faktor kunci sukses yang dapat diaplikasikan pada semua bisnis yang baru dimulai. Kelima faktor kunci sukses tersebut adalah:

#1 Jual setiap unit produk dengan keuntungan.
Evaluasi setiap produk yang kita jual apakah kita membukukan keuntungan dari setiap unit yang kita jual. Apabila tidak, kita perlu mengidentifikasi bagaimana cara membuat penjualan itu menguntungkan: apakah mengurangi biaya atau menaikkan harga jual.


#2 Teruskan untuk mengurangi biaya overhead.
Biaya overhead yang rendah harus menjadi tujuan berkelanjutan dari bisnis kita. Biaya dapat dikurangi dengan cara meninjau ulang asuransi, mengurangi ketergantungan pada konsultan dan penyedia jasa dari luar, atau mengurangi barang habis pakai dan perlengkapan yang tidak diperlukan.

#3 Mengembangkan produk baru sambil mempertahankan kualitas produk yang sudah ada.
Yakinkan bahwa semua produk yang kita buat adalah respon atas pilihan atau kebutuhan pelanggan. Tanyakan umpanbalik dari pelanggan mengenai produk yang mereka butuhkan dan harapkan dari bisnis kita.

#4 Temukan dan pertahankan pelanggan bernilai tinggi.
Hukum Pareto atau hukum 80 - 20 mennyatakan bahwa 80% dari bisnis akan kita dapatkan dari 20% pelanggan kita. Menjadi penting bagi kita untuk selalu menjaga agar kita dapat mempertahankan pelanggan tingkat atas kita.

#5 Ciptakan dan pertahankan tingkat tertinggi kepuasan pelanggan kita.
Faktor kunci sukses terpenting yang dibutuhkan oleh bisnis kita adalah menyediakan pelayanan terbaik untuk para pelanggan kita. Pelanggan yang puas akan lebih besar peluangnya untuk kembali kepada kita. Akan lebih baik apabila kita memberikan yang lebih daripada apa yang diharapkan oleh pelanggan kita.


Faktor kunci sukses di atas hanyalah sebagian kecil dari faktor kunci sukses yang dapat dipergunakan dalam binsis kita. Faktor kunci sukses kita harus dapat mencakup seluruh area penting dalam bisnis kita mulai dari keuangan, pemasaran, pengembangan produk, penjualan, pelayanan pelanggan dan sumber daya manusia.


Sebagai pelaku bisnis, memahami apa yang harus dikerjakan untuk membuat bisnis kita sukese adalah sebuah langkah menuju jalur sukses kewirausahaan.


2 komentar:

otheroption on 13 Januari 2012 pukul 06.45 mengatakan...

nice share gan.. mantap... :)

mampir ke blog ane juga ya gan banyak film bagus disini... :)
Download Movie Free Tian

Unknown on 16 Maret 2012 pukul 22.03 mengatakan...

mantaabbs...
http://impianindah.net.tc; www.impian2indah.blogspot.com

ViralGen Referral Shopping

r>

 

Postingan terbaru

Bisnis Lancar Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template